Jumat, 04 Maret 2016

Tempat Jarum ( Pin Chusion) dari Tutup Botol Bekas

Seperti biasa, sebelum membuang botol plastik yang sudah habis isinya, saya selalu mikir. Kira-kira bisa dimanfaatkan nggak ya? Trus, enaknya dibikin apa ya? Kali ini saya menemukan obat urut yang sudah lama nggak kepake. Saya inget itu dulu belinya pas ada demo obat herbal di RSAU Halim. Berhubung nggak dipake lagi dan mungkin juga sudah kadaluarsa, saya buang botol plus isinya.

Sementara tutupnya saya bikin aja pin chusion. Bagi seorang crafter seperti saya, naruh jarum sembarangan itu bikin ngeri. Iya, ngeri kalo sampai ketusuk sendiri apalagi anak-anak kita. Aduh…kalo bisa jangan sampai kejadian deh.

Ide saya kali membuat bentuk irisan kayu atau pohon. Ini dia cara pembuatannya:
- Bersihkan tutup plastik hingga tidak lagi tercium bau tak sedap. Ukur lingkar dan tinggi tutup plastik.


- Siapkan kain flanel berbentuk lingkaran sebanyak 2 lembar ( 1 warna coklat tua, 1 warna krem) dan flanel coklat tua berbentuk persegi panjang 1 lembar. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran tutup plastik ya…Buat bentuk lingkaran-lingkaran di flanel krem dan guratan kayu di flanel coklat tua persegi.


- Satukan ketiga potongan kain flanel itu dengan tusuk feston sehingga tutup botol plastik tidak terlihat. Masukkan dakron sebelum ditutup rapat.


- Beri pemanis utuk menutup sambungan kain dengan bunga kecil dan daun.




Dan, tara…jadilah pin chusion berbentuk potongan kayu dari tutup plastik bekas. Kalo suatu saat nemu tutup plastik yang agak gede gitu, jangan dibuang ya…Bisa jadi pin chusion dengan aneka bentuk dan kreasi. Happy crafting!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar